PUNCAK PERINGATAN HARI KOPERASI KE-73 JEPARA DILAKSANAKAN DENGAN PEMOTONGAN TUMPENG


Kepala Dinas Kopumnakertrans Kab. Jepara




Jepara, LpkTrankonmasi.com

Puncak peringatan Hari Koperasi ke 73 Kabupaten Jepara di  Aula Dekopinda Jepara  dilaksanakan pada hari Minggu tgl 12 Juli Tahun 2020, dengan ditandai pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara Eriza Rudi Yulianto, S Sos

Tetapi Sebelumnya dilaporkan oleh Ketua panitia Hari Koperasi ke -73 sekaligus Hari UMKM Nasional ke - 5 Kab. Jepara , Joharudin, bahwa rangkaian kegiatan sosial dalam situasi pandemi, telah dilakukan oleh pergerakan antara lain Koperasi pegawai RI memberikan APD dan masker kepada para tenaga medis di beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Jepara, hal ini juga sekaligus sebagai suport kepada para tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanggulangan wabah Virus Corona.

Demikian juga dengan beberapa pergerakan koperasi  mengadakan juga kegiatan Sosial antara lain KSU Utama Karya, memberikan bantuan paket sembako, dan penyemprotan disinfektan di lingkungan kecamatan Kalinyamatan; KSPPS Al-Hikmah Semesta memberikan sembako dan masker untuk para anggotanya; KSPPS BMT MITRAMU juga memberikan bantuan sosial berupa beras/ sembako dan masker gratis di pasar-pasar, pembagian paket sembako BMT USA menyalurkan bantuan 100 paket sembako untuk anggota koperasi terdampak Covid-19 dan memberikan support vitamin kepada tenaga kesehatan 25 Nakes di Jepara; BMT HARBER juga menyalurkan 100 sembako untuk anggota; BMT FASTABIQ juga memberikan support vitamin kepada Nakes.
Hari Koperasi ke-73 dan Hari UMKM Nasional ke-5 tahun ini mengusung tema " ERA NORMAL KEBANGKITAN KOPERASI SEBAGAI RUMAH BESAR PEBERDAYAAN UMKM Anggota Sehat-Koperasi Kuat-Ekonomi Rakyat Berdaulat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jepara, menyampaikan bahwa situasi seperti sekarang ini, akibat pandemi covid 19, "jelas ada penurunan ekonomi, terutama dalam pendapatan, tetapi hal itu wajar karena tidak hanya koperasi tetapi disemua sektor terdampak corona, yang penting kalau koperasi tetap berpegang teguh pada prisip - prinsip koperasi, koperasi itu akan kuat", demikian tutur kepada para pelaku UMKM. beliau menyarankan apabila sudah mempunyai komunitas maka untuk segera membentuk koperasi, karena keuntungan dan manfaat koperasi sangat besar untuk anggotanya, dengan salah satu prinsip kekeluargaan koperasi dibentuk dan besar oleh, dari dan untuk kemakmuran anggotanya.



Dengan prinsip koperasi maka tidak akan terjadi persaingan antara koperasi justru sebaliknya harus saling menguatkan; Saling membantu antara koperasi yang sudah besar dengan koperasi yang masih kecil.

Dalam kesempatan ini pula Eriza memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak terutama Panitia pelaksana atas penyelenggaraan Peringatan Hari Koperasi tahun ini, walau dengan sangat sederhana dan tetap dalam batasan protokoler kesehatan, tidak mengurangi khidmat dari peringatan ini.

Acara diakhiri dengan doa dan pemotongan tumpeng oleh Kapala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jepara diserahkan kepada Ketua Dekopinda Kabupaten Jepara, H. Munawar.
Selamat Dan Sukses Hari Koperasi ke - 73 , kokoh dan jaya selalu koperasi kita.

( Jteam)

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion

Jangan lupa kebijaksanaan anda dalam berkomentar