KEMENAG RI TETAPKAN AWAL RAMADHAN 24 APRIL 2020



Jakarta- Sidang Isbad berlangsung di kantor Kementrian Agama RI Jakarta Pusat pada Kamis sore ( 23/4/2020).

Sidang diawali dengan mendengar pemaparan tim Falaqiyah Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang Aqal Bulan Ramadhan 1441 H. Tim observasi Kementrian Agama yang memantau di 82 titik pemantauan Hilal atau Rukyatul Hilal di 34 provinsi. Posisi Hilal tahun ini terlihat cukup signifikan bahkan sejak pagi hari di beberapa titik.

Di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat, misalnya Hilal terlihat diposisi 3,72 derajat usai sholat maghrib Menteri Agama Fahrurozi memimpin sidang Isbad penentuan Ramadhan 1441H. Berdasarkan hasil sidang Isbad Pemerintah menetapkan awal bulan puasa tahun ini 2020 jatuh pada hari Jum’at  (24/4/20).

Menteri Agama Fahrurozi menetapkan bahwa awal Ramadhan 1441H yang jatuh pada Jum”at 23/4/20.

“Mari kita sambut awal Ramadhan dengan tekad mulia untuk melipat gandakan pahala dan memohon.pengampunan, mari kita agungkan kalimat Marhaban Ya Ramadhan,” ucap Menteri Agama.

Selain.mengumumkan awal bulan Ramadhan tahun ini, Menteri Agama Fahrurozi menghimbau agat umat islam di seluruh Indonesia melakukan ibadah di rumah selama pandemi covid 19.

Sementara itu untuk mengikuti himbauan pemerintah untuk menjalankan ibadah di rumah. Takmir Masjid Istiqlal memastikan tidak menggelar sholat tarawih, dan beberapa kegiatan amaliyah selama ramadhan tahun ini, meski demikian kegiatan santunan anak yatim.dan kaum duafa tetap dilakukan dengan didistribusikan melalui rumah ke rumah.

Sementara itu humas masjid istiqlal. Ahmad Hurairah menyampaikan bahwa selama bulan Ramadhan tahun ini dipastikan Masjid Istiqlal tidak menggelar sholat tarawih berjamaah. Dari 17 kegiatan amaliyah yang biasa digelar saat Ramadhan, hanya dua yang masih tetap akan dilaksanakan yakni pemberian santunan dan penerimaan zakat namun demikian kedua kegiatan dipastikan akan mengikuti aturan dalam.masa pandemi covid19.

Untuk memberikan santunan anak yatim dan duafa akan disalurkan dari rumah ke rumah. Sementara untuk.masyarakat yang akan menunaikan zakat  takmir masjid Istiqlal hanya akan menerima dalam bentuk transfer uang ke rekening.    


# Taufiq.W.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion

Jangan lupa kebijaksanaan anda dalam berkomentar